PENGARUH PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PADA MINIMARKET INDOMARET CV. SINAR PASIFIK DI MEJAYAN KABUPATEN MADIUN

Indra Agus Zulianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis Pengaruh persepsi harga terhadap keputusan membeli konsumen.

Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan kuesioner/angket. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental random sampling. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, dan uji T.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan, bahwa pada hipotesis ada pengaruh antara persepsi harga terhadap keputusan membeli pada minimarket indomaret CV Sinar Pasifik di Mejayan Kabupaten Madiun, hipotesis tersebut terbukti, dan dapat diterima kebenarannya. Hal ini dapat dilihat dari analisis signifikansi menunjukkan X sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha sebesar 0,05. Sehingga persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli pada minimarket indomaret CV Sinar Pasifik di Mejayan Kabupaten Madiun. Hal ini ditunjukkan dari nilai T hitung sebesar 11,874 dengan tingkat keyakinan 95%, α = 5%,  df = (n - 1) atau (308 - 1 = 307), sehingga T tabel diperoleh sebesar 1,65251. Oleh karena itu T hitung > T tabel (11,874 > 1,65251), maka H1 diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya, variabel persepsi harga (X), berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli (Y), hal ini dapat dilihat dari probabilitas signifikansi untuk variabel independent sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpha sebesar 0,05. Sehingga persepsi harga (X), perpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli pada Minimarkrt Indomaret CV. Sinar Pasifik di  Mejayan Kabupaten Madiun.

 

Kata Kunci : Persepsi Harga, Keputusan Membeli

Full Text:

PDF

References


Basu Swastha Dharmesta, Hani Handoko. 2013. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.

Buchari Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Deliyanti Oentoro. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta. LaksBang PRESSindo.

Endang Wijayanti. 2006. "Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Kijang (Studi Kasus Pada PT. Nasmoco Kaligawe Semarang)". Fandi Tjiptono. 2006. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

. 2008. Strategi Pemasaran, CV ANDI OFFSET (Penerbit ANDI)

Gunawan Adisaputro. 2010. Manajemen Pemasaran "Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran". Yogyakarta: SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN YKPN.

Imam Ghozali. 2011. Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Univ. Diponegoro.

Kotler Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, jilid 2, Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip dan Nancy Lee. 2007. Pemasaran di Sektor Publik, Jakarta: PT INDEKS Anggota IKAPI No.228/DKI/04.

Kotler Philip, Swe Hon Ang, Siew Meng Leong, Chin Tiong Tan. 2005. Manajemen Pemasaran :

Sudut Pandang Asia Edisi Ketiga Jilid 2. PT INDEKS Kelompok GRAMEDIA.

Leon Schiffman, Leslie Lazara Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Indeks.

Mahmud Machfoed. 2007. Pengantar Bisnis Modern, Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Nugroho J Setiadi. 3013. Perilaku Konsumen (Perspektif kontenporer pada motif, tujuan, dan keinginan konsumen). Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Ruyatnasih, Rahmat Hasbullah, Diana Lestari. 2013. “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Beat (Studi Kasus Pada Universitas uniska)”.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2013. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syofian Siregar. 2014. STATISTIK PARAMETRIK UNTUK PENELITIAN KUANTITATIF : Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter