PENGARUH MOTIVASI PELATIHAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT PADI UNGGUL INDONESIA

Ezra Anggi Windianingrum

Abstract


Di dalam suatu perusahaan atau badan usaha diharapkan dapat menunjukkan ekstensinya dalam hal yang positif artinya mampu menunjukkan kinerja yang baik dimata pihak luar khususnya masyarakat. Di era globalisasi sekarang dunia bisnis mulai dituntut menciptakan kinerja karyawan yang tinggi untuk pengembangan perusahaan. Perusahaan harus mampu membangun dan meningkatkan kinerja di dalam lingkungannya. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi, Pelatihan dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan baik secara parsial maupun secara simultan pada perusahaan PT. Padi Unggul Indonesia. Adapun populasi pada penelitian ini adalah 200 karyawan yang dinyatakan sebagai karyawan PT. Padi Unggul Indonesia termasuk tenaga borongan dan tenaga kasar, dan mengambil  sampel penelitian ini adalah 60 karyawan tetap PT. Padi Unggul Indonesia. pada tahun 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu Regresi Linier Berganda.Hasil pengujian hipotesis dibuktikan oleh peneliti melalui hasil uji t untuk mengetahui pengaruh variabel secara parsial dan hasil uji F untuk mengetahui pengaruh variabel secara simultan.

Hasil penelitian ini dengan menggunakan alat analisis data Regresi Linier Berganda menyatakan bahwa dari keempat hipotesis keseluruhanya terbukti berpengaruh positif. Hasil analisis regresi linear berganda dalam penelitian ini Y= 903 + 3.129X1 + 3.022X2 + 2.113X3. Dari persamaan tersebut pabila variabel motivasi, pelatihan, dan ompensasi sama dengan nol maka kinerja karyawan sebesar 903 satuan. Dari hasil uji t yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan karena telah diperoleh 0.003 < 0.05 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan karena telah diperoleh perhitungan 0.004m< 0.005 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan karena telah diperoleh 0.039 < 0.05. Dari hasil uji F diperoleh perrhitungan didapat nilai signifikasi 0.000 < 0.005 maka dapat disimpulka bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena motivasi, pelatihan, dan kompensasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Padi Unggul Indonesia.

 

Kata Kunci: Motivasi, Pelatihan, Kompensasi, Kinerja Karyawan, PT Padi Unggul Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Ami Vintya. 2012. Pengaruh Dimensi Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada

Badan Pusat Statistik Kabupaten Magetan.

(http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/viewFile/232/184, Diunduh tgl 25 Juli 2015)

Anwar Prabu Mangkunegara. 2012. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.

Edwin Muhammad. Pengaruh Penempatan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Masinis PT

Kereta Api (Persero) Daerah Oprasi

(http://elb.unikom.ac.id/files/disk1/666/jbptunikompp-gdl-edwinmuham-

-12-unikom e-l.pdf, Diunduh tgl 25 Juli 2015)

Febiola. 2005. Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi dan

Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan, (Online),

(http://jurnaleb.blogspot.sg/2012/12/tesis-analisis-pengaruh-kecerdasan.html, Diunduh 20 April 2014)

Handoko Hani. 2012. Manajemen Personalia Dan Sumberdaya Manusia. BPFEYogyakarta.

Hanggraeni Dewi. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Hengki Latan, Selva Temalagi. 2013. Analisi Multivariate Tekni dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Bandung: Afabeta.

Lucky Wulan Analisia. Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Perindustrian Dan Perdagangan Kota Semarang). (http://eprints.undip.ac.id/26826/1/skripsi msdm – lucky®.pdf, Diunduh tgl 25 Juli 2015).

Mondy, Wayne R. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid 1 Edisi 10. Terjemahan oleh Bayu Airlangga. 2008. Jakarta: Erlangga.

Muhammad Firosuddin, Muhammad Thalat Hamdi, Laksmi Sito Dwi Irvianti. 2011. Analisi Pengaruh Pelatihan, Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja

Karyawan Pada PT.. Istech Resources Asia. (http://thesis.binus.ac.id/

Doc/RingkasanInd/2011-2-00123-MN%20Ringkasan001.pdf. Diunduh 11 mei 2015)

Mursiha. Pengaruh Motivasi, Pelatihan, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Probolinggo.

(http://pulsit2.petra.ac.id/ejournal/index.php.jdt/article/view/17146/17058, Diunduh tgl 25 Juli 2015)

PT. Padi Unggul Indonesia. (http;//padiunggulindonesia.indonetwork.co.id, Diunduh tgl 20 Juli 2015)

Simamora, Henry. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Cetakan

Kedua. Yogyakarta: Aditya Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter