PERSPEKTIF DIRI DAN MINAT SISWA SMA/SMK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI

Riska Via Vinda Setiawanti, Elva Nuraina, Liana Vivin Wihartanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perspektif Diri Dan Siswa SMA/SMK Terhadap Pengambilan Keputusan Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi atau evaluasi di program studi pendidikan akuntansi dalam penerimaan mahasiswa baru dalam program studi.  Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA IPS dan SMK Akuntansi dengan jumlah 150 siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji melalui uji regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi (R). sebelum uji statistic dilakukan uji instrument penelitian. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) perspektif diri berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan memilih program studi pendidikan akuntansi. (2) minat berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan memilih program studi pendidikan akuntansi. (3) perspektif diri dan minat berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan memilih program studi pendidikan akuntansi

Full Text:

PDF

References


Agusti, I. S., & Putra, P. D. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat. Jurnal Niagawan, 7(2), 90–94. https://doi.org/10.24114/niaga.v7i2.10755

Arnita, V., & Ramadhan, P. R. (2019). Pengaruh Mahasiswa Memilih Jurusan Akuntansi di Universitas Swasta dan Universitas Negeri di Kota Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 10(1), 163–171

Ekowiyanto, V. S. (2018). TERHADAP WANITA BERCADAR ( Studi pada Masyarakat di Kelurahan Segalamider Kota Bandar Lampung ) ( Skripsi ) Oleh VITO SEPTIAN EKAWIYANTO. In Jurnal Ilmiah Al- (Vol. 1, Issue 2)

Ghozali, I. (2017). EKONOMETRIKA Teori,Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS 24 (PERTAMA). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamali, A. Y. (2016). PEMAHAMAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (H. Noviana (ed.); pertama). PT.BUKU SERU. www.bukuseru.com

Hayurika, T. L., & Arief, S. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Jurusan Akuntansi Kelas X Di Smk N 1 Demak. Dinamika Pendidikan, 10(1), 88–103. https://doi.org/10.15294/dp.v10i1.5097

Ihsan, D. H. F. (2011). DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN. PT.Asdi Mahasatya.

INDONESIA, U.-U. R. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. EKOMBIS SAINS: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Kompri. (2017). Belajar Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Pertama). www.mediaakademi.com

Kurniawan, B. (2016). UGM TERIMA 2,629 MAHASISWA VIA SNMPTN 2016, JURUSAN AKUNTANSI PILIHAN FAVORIT. DetikNews. http://m.detik.com/news/berita/d-3208141/ugm-terima-2629-mahasiswa-via-snpmtn-2016-jurusan-akuntansi-pilihan-favorit

Kusno, H. S., Ika, D., Wijayani, L., Akuntansi, J., Balikpapan, P. N., & Timur, K. (2019). Analisis survei minat studi siswa sma / smk / ma terhadap program studi akuntansi manajerial di kalimantan timur managerial accounting courses in East Kalimantan. 16(2), 197–205.

Lestari, D., & Supriyo. (2016). Kontribusi Minat Jurusan, Kualitas Layanan Informasi Karir, dan Pemahaman Karir terhadap Kemampuan Mengambil Keputusan Karir. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 47=54-47=54.

Machali, I., & Noor Hamid. (2017). PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. 1–275. http://www.imp.uin-suka.ac.id

Noor Komari Pratiwi. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang Noor. Jurnal Pujangga, Vol. 1(No 2), 75-105.

Pemerintah, P. (2010). PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 17 TAHUN 2010 TENTANG PENGELOLAAN DAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DENGAN. 2005, 1–12.

Pratama, B. (2014). PERSPEKTIF REMAJA TENTANG PERNIKAHAN DINI.

Rahman, F., Husaini, Arifin, S., Marlinae, L., Wulandari, A., & Hadianor. (2017). PERILAKU ORGANISASI (1st ed.).

Setiobudi, J. (2017). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Kalasan. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 1(6), 98–111.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif (F. Hutari (ed.); kedua). PT Bumi Aksara.

Slameto. (2010). belajar & faktor-faktor yang mempengaruhi (revisi). PT. RINEKA CIPTA.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (3rd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF,KUALITATIF DAN R&D. ALFABETA. www.cvalfabeta.com

Sumartono, B. G. (2010). Studi deskriptif minat siswa memilih jurusan akuntansi dan pemasaran pada siswa kelas x di smk. 1–10.

Umaya, I. (2017). PERSPEKTIF MASYARAKAT TENTANG ANAK YANG PUTUS SEKOLAH TINGKAT SMA DI DUSUN SINAR MAJU DESA KARYA TUNGGAL KECAMATAN KATIBUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7. http://www.albayan.ae

Widowati, A. I., & Surjawati, S. (2015). Studi Tentang Keputusan Memilih Jurusan S1 Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Semarang). In Jurnal Dinamika Sosial Budaya (Vol. 17, Issue 1). https://doi.org/10.26623/jdsb.v17i1.498


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter