PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEPERCAYAAN, DAN RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN KTM PADA MAHASISWA UNIPMA

Agustin Nurul Rahmawati, Supri Wahyudi Utomo, Liana Vivin Wihartanti

Abstract


Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, kepercayaandan risiko terhadap minat menggunakan ktm multifungsi pada mahasiswa Universitas PGRI Madiun. Jenis penelitian ini yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan sumber data Primer. Teknik pengambilan sampel ialah Non..Probability Sampling.Total populasi 4.836 orang dengan total sampel 78 orang yang dijadikan objek.Tahun periode 2020 Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Persepsi kegunaan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan KTM Multifungsi, (2) Kepercayaan berpengaruhterhadap Minat menggunakan KTM Multifungsi, (3) Risiko berpengaruh terhadap Minat menggunakan KTM Multifungsi, (4) Kegunaan, kepercayaan, dan  risiko secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap Minat menggunakan KTM Multifungsi

Full Text:

PDF

References


Rahardjo. (2010). Pengaruh Persepsi TeknologiInformasi,kemudahan,Risiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Nasabah Bank BCA) . Doctoral dissertation, Perpustakaan FE UNDIP .

Amri, K., & Surya, J. (2013). Kajian perilaku mahasiswa dalam menggunakan internet dengan pendekatan technology acceptance model (TAM). Jurnal Penelitian Pos dan Informatika , 3.1: 67-80.

Andrian, A. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Sikap Penggunaan Terhadap Minat Perilaku Penggunaan Billing System (Studi Pada Wajib Pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). Jurnal Mahasiswa Perpajakan , 3.1.

Andriyano, Y., & Rahmawati, D. (2016).Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kebermanfaatan, persepsi risiko dan kepercayaan terhadap minat menggunakan rekening ponsel (studi kasus pada nasabah CIMB Niaga Daerah Istimewa Yogyakarta).Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, , 4.2.

Farizi, H. (2014). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking. PhD Thesis. Universitas Brawijaya .

Ghozali, I. (2017). Teori,Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS 24.Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Habibi, M., & Zaky, A. (2014). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Syariah. urnal Ilmiah Mahasiswa FEB , 3.1.

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem informasi keperilakuan.Yogyakarta.Andi Offset .

Laksana, G. B. (2015). Pengaruh persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko dan persepsi kesesuaian terhadap minat menggunakan mobile banking (studi pada nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Rembang, Jawa Tengah).Jurnal Administrasi Bisnis , 26.2.

Melasari, C., Suroso, A., & Banani, A. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kegunaan, Kemudahan, Privacy Risk, Time Risk, dan Financial Risk terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Bank Muamalat. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi, , 25.1: 11-23.

Novindra, N. P., & Rasmini, N. K. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi kegunaan, dan Computer Self Efficacy pada Minat Penggunaan e- SPT. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana .

Pamungkas, Y. F. (2014). Pengaruh Orientasi Pembelian, Kepercayaan, dan Pengalaman Pembelian Online terhadap Niat Beli Online. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta .

Purnama, H. D. (2014). Sistem E-KTM Multifungsi Menggunakan Smart Card pada Aplikasi Berbasis Database-System of E-KTM Multifunction Using Smart Card on Applications Based on Database.PhD Thesis. Universitas Kristen Maranatha .

Rahayu, I. S. (2016). Minat Nasabah menggunakan Mobile banking dengan Menggunakan Kerangkat Technology acceptance model (TAM) (studi kasus PT Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) , 137-150.

Rakhmawati, S., & Isharijadi.(2013). Rakhmawati, S., & Isharijadi, I. (2013).Pengaruh kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan persepsi kenyamanan terhadap minat penggunaan sistem internet banking pada nasabah bank muamalat cabang pembantu madiun.Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan , 2(2), 71-84.

Saputro, B. D., & Sukirno.(2013). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, kecemasan berkomputer dan kualitas layanan terhadap minat menggunakan internet banking.Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen , 2.1: 36-63.

Sulastini, N. P., & Warmika, I. G. (2013).Aplikasi TAM, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan dalam Menjelaskan Niat Masyarakat Menggunakan Internet Banking.E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana , 3.4.

Supriyadi. (2014). PENGARUH PERSEPSI TEKNOLOGI INFORMASI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, RESIKO TRANSAKSI, DAN FITUR LAYANAN PADA MINAT ULANG NASABAH DALAM MENGGUNAKAN INTERNET BANKING. SEGMEN.Jurnal Manajemen dan Bisnis , 10.1. a.

Taroreh, O., Jorie, R. J., & Wenas, R. (2015).Pengaruh persepsi konsumen dan kepercayaan terhadap penggunaan jasa asuransi pada asuransi Jasindo Manado


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter