ANALISIS FAKTOR 3R DAN 5C DALAM PEMBERIAN KREDIT KPR KEPADA NASABAH DI BTN KOTA MADIUN

Vio Adelia, Isharijadi Isharijadi, Elly Astuti

Abstract


Bank ialah sebuah lembaga yang bertugas untuk menghimpun dan menyalurkan dana untuk masyarakat. Fasilitas yang ditawarkan salah satunya yaitu kredit pemilikan rumah. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana terjadinya faktor 3R dan 5C yang berisi tentang pemberian kredit pemilikan rumah bagi nasabah. Metode yang digunakan peneliti kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan karyawan bank BTN Madiun. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan juga verification. Hasil penelitian faktor 3R  telah digunakan oleh BTN di Kota Madiun untuk penyaluran dana KPR. Dari aspek return tidak hanya didapatkan dari salah satu pihak tetapi dari pihak bank dan juga kreditur. Analisis pada faktor yaitu aspek character dinilai dari watak nasabah tersebut apakah layak atau tidak dalam pemberian pinjaman dana. Aspek capacity, dinilai dari kemampuan seorang nasabah dalam membayar kembali pinjamannya. Aspek capacity, dengan melihat kemampuan pihak nasabah untuk membayarkan kembali pinjamannya berdasarkan pendapatannya. Aspek capital, dilihat dari penggunaan modal atau pendapatan apakah dinilai efisien yang dibuktikan langsung dari laporan keuangan. Aspek collateral atau agunan yang digunakan sebagai syarat untuk pengajuan KPR jika sewaktu-waktu terjadi kredit macet oleh nasabah yang berutang. Terakhir yaitu kondisi ekonomi seorang nasabah di masa sekarang dan masa yang akan datang. Analisis faktor 3R dan 5C pada Bank BTN Madiun telah digunakan dengan baik dan cara-cara yang berdasarkan dengan prinsip faktor tersebut, tetapi terkait kondisi ekonomi pada tahun ini yang mengalami pandemi banyak dilakukan penjadwalan ulang terkait kredit KPR

Full Text:

PDF

References


Amelia, Liza, and Doni Marlius. 2018. “Pengendalian Kredit Dalam Upaya Menciptakan Bank Yang Sehat Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Utama Padang,” no. 2007: 1–11. https://doi.org/10.31227/osf.io/kpc64.

Kasmir. 2016. Dasar-Dasar Perbankan Edisi Revisi 2014. Jakarta: PT Rajagarfindo Persada.

Kustini, Fahmi Dini. 2017. “Analisis Faktor 3R Dan 5C Dalam Pemberian KPR.” Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Galuh Ciamis 4 (April): 209–13.

Maristiana, Siska, Hartono Hartono, and Agus Supriyanto. 2017. “Pengaruh Analisis 5 C (Character, Capacity, Capital, Colleteral and Condition) Dalam Pemberian Kredit Di Pt. Bank Bri Unit Indraprasta.” Journal Of Accounting 3 (3).

Putri, Donna Eka, and Ratna Widayati. 2019. “Pelaksanaan Kredit Pada Bank Perkreditan Rakyat Lpn Pasar Baru Durian Sawahlunto.” Jurnal Akademi Perbankan Padang, 1–13.

Satria, Muhammad Rizal, and Tia Setiani. 2018. “Analisis Perbandingan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Pada Bank Konvensional Dengan Pembiayaan Murabahah (Kpr) Pada Bank Syariah.” Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah 2 (1): 105–18. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v2i1.2880.

Sumual, Jesica. 2016. “Perbedaan Bank Umum Dan Bank Perkreditan Rakyat Terhadap Tugas Dan Fungsi Bank Menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998.” Lex Administratum 4 (3): 87–96.

Wahyuni, Niniek. 2017. “Penerapan Prinsip 5C Dalam Pemberian Kredit Sebagai Perlindungan Bank.” Lex Journal: Kajian Hukum & Keadilan 1 (1). https://doi.org/10.25139/lex.v1i1.236.

Widayati, Ratna, and Sepni Maiwati. 2019. “Aktivitas Pemberian Kredit Komersil Pada Bank Nagari Cabang Sijunjung,” 1–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/fnxaj.

Wiwoho, Jamal. n.d. “Peran Lembaga Keuangan Bank Dan Lembaga Keuangan Bukan Bank Dalam Memberikan Distribusi Keadilan Bagi Masyarakat.” Jurnal Universitas Sebelas Maret, 87–97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter