ASPEK SOFTSKILL DAN HARDSKILL SISWA AKUNTANSI DALAM PEMBELAJARAN KELAS INDUSTRI DI SMK

Rika Yunita Sari, Isharijadi Isharijadi, Elana Era Yusdita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek softskill dan hardskill dalam pembelajaran kelas industri alfamart class dan matahari class di SMK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian (1) Aspek softskill dan hardskill siswa alfamart class menjadi lebih baik setelah mendapatkan pembelajaran baik teori dan praktik dari alfamart class tetapi lulusan tahun ini hanya 16% lulusan yang bekerja di Alfamart dan 30% memilih melanjutkan ke Perguruan Tinggi sehingga perlu menitikberatkan tujuan lulusan ke wirausaha (2) Aspek softskill dan hardskill siswa matahari class menjadi lebih baik setelah mendapatkan pembelajaran baik teori dan praktik dari matahari class tetapi sarana praktik khusus matahari belum mendukung dan sarana praktik masih bergabung dengan alfamart class dan belum ada lulusan dari matahari class sehingga belum dapat diukur siswa yang terekrut di Matahari. (2) Sistem Pembelajaran alfamart class dan matahari class dilakukan dengan dua cara yaitu pembelajaran di kelas dan praktik baik praktik di kelas, di Business Center, maupun di DU/DI

Full Text:

PDF

References


Darmadi. (2018). Optimalisasi Strategi Pembelajaran. Bogor: Guepedia.

Hakim, L. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Lukitasari, L., Isharijadi, & Astuti, E. (2019). Efektivitas Program Alfamart Class Sebagai Sistem Pembelajaran Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, Dan Manajemen Volume, 3(2), 13–21.

Manara, M. U. (2014). Hard Skills dan Soft Skills pada Bagian Sumber Daya Manusia di Organisasi Industri. Psikologi Tabularasa, 9(1), 37–47.

Prastyawan, Y. I., Mustiningsih, & Y, M. H. A. (2017). Manajemen Pembelajaran Berbasis Industri. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 176–180.

Putri, Y. E., Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2019). Peningkatan Kualitas Hard Skill Dan Soft Skill melalui Pengembangan Program Teaching Factory (TEFA) Di Smk Model Pgri 1 Mejayan. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 7(2), 26–33.

Rakim, Wilonoyudho, S., & Wijanarko, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Shesil (Soft, Hard and Environment Skill Integrated Learning) pada Kecakapan Otomotif. Journal of Vocational and Career Education, 2(2), 41–49.

Sanjaya, W. (2017). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sulianta, F. (2018). Panduan Lengkap Pengembangan Softskill Interpersonal & Intrapersonal. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sumar, W. T., & Razak, I. A. (2016). Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill. Yogyakarta: Deepublish.

Suryanto, D., Kamdi, W., & Sutrisno. (2013). Relevansi Soft Skill Yang Dibutuhkan Dunia Usaha/Industri Dengan Yang Dibelajarkan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi Dan Kejuruan, 36(2), 107–118.

Susana, N. (2016). Pengelolaan Praktik Kerja Industri. Manajer Pendidikan, 10(6), 579–587.

Sutrisno, B. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Soft Skill Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Smk Di Surakarta. Varia Pendidikan, 29(1), 50–64.

Widarto, Pardjono, & Widodo, N. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills Dan Hard Skills Untuk Siswa Smk. Cakrawala Pendidikan, 3, 409–423.

Yunatan, C. N. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility “ Alfamart Class ” di SMK PGRI 3 Malang terhadap citra perusahaan Alfamart. E-Komunikasi, 4(1), 1–11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter