PENETAPAN HARGA PRODUK SEBAGAI STRATEGI MARKETING MIX PADA PERUSAHAAN CV. WALET EMAS

Ari Susiana Rahmawati, Rela Sariti ulfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan harga produk dengan metode MarkUp dengan mengelompokkan biaya ke dalam biaya tetap dan  biaya variabel. Selain bertujuan mengetahui harga produk, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui strategi pasar sasaran dengan menggunakan metode Marketing-Mix pada perusahaan Walet Emas. CV.        Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu berusaha mendapatkan informasi yang selengkap mungkin mengenai penetapan harga produk dengan mengggunakan metode Mark-Up dan strategi pasar sasaran dengan menggunakan metode Marketing-Mix pada perusahaan WALET EMAS. CV. Informasi yang digali lewat wawancara mendalam terhadap informan (Manajer perusahaan). Teknik kualitatif dipakai sebagai pendekatan dalam penelitian ini, karena teknik ini untuk memahami realitas rasional sebagai realitas subjektif khususnya bagi perusahaan. Proses observasi dan wawancara mendalam bersifat sangat utama dalam pengumpulan data. Dari observasi diharapkan mampu menetapkan dengan tepat harga produk dan penentuan strategi pasar sasaran pada perusahaan WALET EMAS. CV.         Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Mark-Up dalam penetapan harga produk dapat diterapkan pada perusahaan Walet Emas. CV. Begitu juga dengan metode MarketingMix dapat diterapkan pada perusahaan sebagai strategi pengembangan pasar sasaran. Jika perusahaan ingin  menggunakan metode mark-up, hendaknya manejemen mengklasifikasikan biaya-biaya berdasarkan kegunaannya sehingga manejemen mengambil satu keputusan yang berhubungan dengan biaya secara tepat dan cepat. Metode ini bisa meningkatkan keuntungan bagi perusahaan karena persentase mark-up yang ditetapkan menurut keinginan yang akan dicapai oleh perusahaan itu sendiri, berdasarkan alasan-alasan yang menjadi dasar penetapan persentase mark-up itu sendiri. Jika perusahaan ingin menggunakan strategi marketing mix, hendaknya perusahaan lebih mengolah empat unsur atau variabel-variabel marketing mix. Metode ini merupakan kombinasi variabel-variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel yang mana dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen dan dapat mengembangkan pasar sasarannya.

References


DAFTAR PUSTAKA

Assauri Sofjan. 1999. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Assauri Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Bangs H David. 1995. Pedoman Menyusun Pemasaran (The Planning Guide). Jakarta: Erlangga.

Boyd W Harper, Wolker C Orville dan Larreche Claude Jean. 2000. Manajemen Pemasaran jilid 2 Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Chandra Gregorius, Triptono Fandy dan Chandra Yanto. 2004. Pemasaran Global: Internasionalisasi dan Internetisasi. Yogyakarta: Andi Offeset.

Kristanto Jajat. 2011. Manajemen Pemasaran Internasional: Sebuah Pendekatan Strategi. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip, Ang Hoon Swee, Leong Meng Siew dan Tan Tiong Chin. 2002. Manajemen Perspektif Asia. Yogyakarta: Andi Offeset.

Kotler Philip dan Amstrong Gary. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 2 Edisi Kedua belas. Yogyakarta: Erlangga.

Kotler Philip dan Keller Lane Kevin. 2007. Manajemen Pemasaran jilid 2 Edisi Kedua belas. Jakarta: PT. Indeks.

Lamb, Hair dan McDaniel. 2001. Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Margono S. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mursid M. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono Fandy. 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offeset.

Utami Whidya Christina. 2008. Strategi Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter