ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI PADA MATA KULIAH ANALISIS LAPORAN

Setya Pambudi, Supri Wahyudi Utomo, Liana Vivin Wihartanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi pada mata kuliah analisis laporan keuangan. Dimana faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa dibagi dalam faktor eksternal dan juga internal yang meliputi: (1) Faktor Motivasi belajar (2) Faktor Minat Belajar (3)  Faktor Gaya Belajar (4) Faktor Disiplin Belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan melalui pendekatan deskriptif. Dengan jumlah keseluruhan informan sebanyak 8 orang. Teknik memperoleh data menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data dengan  menggunakan triangulasi sumber. Penelitian memperoleh hasil bahwa, 1. Faktor motivasi belajar menunjukan bahwa sebagian besar informan sudah memiliki motivasi belajar maupun mengerjakan tugas meskipun harus mengalami kesulitaan dalam menerima materi penjelasan dosen dan juga kesulitan dalam mengerjakan tugas. 2. Faktor minat belajar menunjukan bahwa semua informan kurang menyukai terhadap mata kuliah analisis laporan keuangan dikarenakan mata kuliah tersebut banyak rumus-rumus dan juga hitung-hitunganya. 3. Faktor Gaya belajar menunjukan hasil bahwa semua informan kurang menyukai cara penyampaian dosen ketika perkulihan dan juga tidak memiliki gaya belajar yang pas. 4. Disiplin belajar  menunjukan hasil bahwa semua informan kurang memiliki kedisiplinan dalam belajar dan sering melakukan kecurangan pada saat perkuliahan, ada tugas maupun ketika mengerjakan ujian

Full Text:

PDF

References


Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Kompri. (2017). Belajar; faktor-faktor yang mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Fitrah M., & Lutfiyah. (2017). metodelogi penelitian; penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Parnawi, A., (2019). Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.Rosyid, Mustajab & Rosid. (2019). Prestasi belajar. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Sugiyono. (2016). Metodelogi penelitian; kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Riyani, Y. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak).

Ramadhan, A. N., & Soenarto, S. (2015). Pengaruh persepsi siswa terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar teori kejuruan siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 297-312.

Haysim Adelina. (2016) Metode Penelitian dan Pengembangan Di Sekolah; Yogyakarta: Media Akademi

Moleong L.J., (2017) Metodelogi Penelitian Kualitatif; Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Saraswati, R. A., (2012). Peranan Analisis Laporan Keuangan, Penilaian Prinsip 5C Calon Dbitur dan Pengawasan Kedit Terhadap Efektifitas Pemberian Kredit Pada PD BPR Bank Pasar Kabupaten Temanggung. Jurnal Nominal/Volume 1, 1-13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter