KUALITAS SUSTAINABILITY REPORTING BERDASARKAN GLOBAL REPORTING INITIATIVE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Desi Wahyu Puspitasari, Elva Nuraina, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui menganalisis kualitas sustainability reporting perusahaan manufaktur (Unilever Tbk, Indofood Tbk, Kalbe Farma  Tbk berdasarkan Global Reporting Initiative). Penelitian ini menggunakan metode menggunakan kualitatif deskriptif. Data primer dan sekunder merupakan sumber data dalam penelitian ini. Dokumentasi, studi pustaka dan internet adalah bentuk pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data informasi dan menarik isi kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah utamanya pada perusahaan dalam JII menggambarkan bahwa, perusahaan JII dinilai cukup dalam memberikan pengungkapan sesuai standar dalam indeks GRI, akan tetapi jika dilihat pada perolehan skor rata-rata, kualitas sustainability reporting setiap perusahaan dalam JII tidak ada satupun yang mencapai predikat informatif

Full Text:

PDF

References


Arta, Silvie Ananda, Ria Nelly Sari dan Enni Savitri. (2015). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Informasi Lingkungan Perusahaan Berbasis Website (Studi Empiris pada Industri Rawan Lingkungan yang terdaftar di BEI Tahun 2013). Disajikan pada Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XVIII Universitas Sumatera Utara, Medan.

Ching, Hong Yuh; Fábio Gerab and Thiago Toste. (2013). Analysis of Sustainability Reports and Quality of Information Disclosed of Top Brazilian Companies. International Business Research. Vol. 6, No. 10, Hal. 62-77.

Dewi, I Gusti Ayu Agung Omika. 2010. Dialektika dan Refleksi Kritis Realitas “Sustainability” dalam Praktik Sustainability Reporting: Sebuah Narasi Habermasian. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol. 7, No. 2, Hal. 22-38.

Fitria, Soraya dan Dwi Hartanti. 2010. Islam dan Tanggung Jawab Sisial: Studi Perbandingan Pengungkapan berdasarkan Global Reporting Initiative Indeks dan Islamic Sosial Reporting Indeks. Disajikan pada Simposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.

Fahriza, Romi. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Sustainability Report (Studi pada Perusahaan High Profile diBEI Tahun 2009-2013). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas SebelasMaret, Surakarta.

GRI. 2014. An introduction to G4 The next generation of sustainability reporting.

Harun, Noor Ashikin, Azwan Abdul Rashid and Bakhtiar Alrazi. 2013. Measuring The Quality of Sustainability Disclosure in Malaysian Commercial Banks. Proceedings Book of ICEFMO, 2013, Malaysia Handbook on the Economic, Finance and Management Outlooks. PAK Publishing Group. Hal. 695-702.

Rama, Ali. 2014. Analisis Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting: Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia. EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 2, No. 1, 2014, Hal. 95-115.

Sari, Mega Putri Y. 2013. Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan dan Corporate Governance terhadap Pengungkapan Sustainability report. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Soelistyoningrum, Jenia Nur. 2011. Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Sofyani, Hafiez dan Anggar Setiawan. 2012. Perbankan Syariah dan Tanggungjawab sosial: Sebuah Studi Komparasi Indonesia dan Malaysia dengan Pendekatan Islamic Social Reporting Index dan Global Reporting Initiative Index. Karya Ilmiah Tidak Dipublikasikan. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, IAIN Antasari, Banjarmasin.

Susanto, Yohanes Kurniawan dan Josua Tarigan. 2013. Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report terhadap Profitabilitas Perusahaan. Business Accounting Review. Vol. 1.

Susilowati, Kartika Dewi Sri. 2013. Analisis Komparasi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Berdasarkan Islamic Social Reporting (ISR) Index dan Global Reporting Initiative (GRI) Index. Proceeding Call for Papers dan Seminar Nasional, Hal. 19-38.

Wibowo, Imam dan Sekar Akrom Faradiza. 2014. Dampak Pengungkapan Sustainability report terhadap Kinerja Keuangan dan Pasar Perusahaan. Disajikan pada Simposium Nasional Akuntansi XVII, Universitas Mataram, Lombok.

Thistlethwaite, Jason and Melissa Menzies. 2016. Assessing the Governance Practices of Sustainability Reporting. Policy Brief No. 71. Hal. 1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter