ANALISIS STRATEGI USAHA MY OPTIC MADIUN DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN PENDEKATAN PENDAPATAN

Andika Dwi Setiari, Isharijadi Isharijadi, Juli Murwani

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kegiatan usaha terutama kegiatan usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang berbasis pada usaha Optic di My Optic Madiun dalam menjalankan usaha selama masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan strategi usaha berbasis SWOT. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer, diperoleh dari Kepala akuntan My Optic, kepala bagian pembayaran, kepala toko, dan kanvas yang bekerja di My Optic. Kegiatan usaha yang dijalankan selama masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan prinsip peningkatan pendapatan untuk melakukan kegiatan usaha selama masa pandemi dan untuk mengurangi adanya kegiatan operasional yang tidak perlu, menggunakan prinsip strategi usaha SWOT yaitu Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weaknsses), Peluang (Opportunities), Ancaman (Threats). Dalam menjalani kegiatan usaha bagaimana cara pelaku usaha memaknai kegiatan usaha atau perputaran kegiatan ekonomi yang ada selama masa pandemi dengan keadaan ekonomi Indonesia yang belum stabil

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Henry. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Yogyakarta: Center For Academic Publish Service (CAPS)

Indriani Lismuba dan Mukhy Abdul Muhammad. (2013). Sektor Unggul Perekonomian Indonesia Pendekatanm Input-Output. Jurnal Universitas Gunadarma. Vol 5 2013

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Noor, Syamsudin. (2014). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Di Malang. Jurnal INTEKNA 102-209.

Prishardoyo, Bambang. (2008). Analisis Tingkat Pertumbuhan Ekonomi dan Potensi Ekonomi Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Pati Tahun 2000-2005. Jejak. Vol 1. No.1.

Suci Rahmini Yuli. (2017). Perkembangan UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesai. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. Vol 6. N0.1

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Afabeta.

Suharsaputra, Uhar. (2014), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung Refika Aditama.

Sugiono, Arief., Soenarno, Yanuar, Nanok., dan Kusumawati, Synthia Madya, (2010). Akuntansi & Pelaporan Keuangan untuk Bisnis Skala Kecil dan Menengah

Suci Rahmini Yuli. (2017). Perkembangan UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesai. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. Vol 6. N0.1

Tatanan Ekonomi Negara Indonesia Pasal 33 Ayat 4 tahun 1945 tenteng tatan perekonomian di Indonesia. Pasal no 24 tahun 2019 mengenai kegiatan ekonomi kreatif yang ada di Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter