PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UMUR PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Dita Irjayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Kepemilikan institusional, umur perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap corporate social responsibility disclosure. Penelitian ini menggunakan obyek penelitian pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010 sampai 2012, dengan jumlah populasi sebanyak 393 perusahaan. Dengan menggunakan teknik sampling secara purposive sampling, maka didapat total sampel sebanyak 219 pengamatan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional, umur perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility disclosure. Secara parsial variabel umur perusahaan berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility disclosure, sedangkan variabel kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap corporate social responsibility disclosure. Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure karena semakin besar kepemilikan institusi, pengungkapan CSR yang dilakukan tidak selalu luas. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh karena dalam Undang-Undang tidak dijelaskan tentang perbedaan luas ataupun detail CSRD, sehingga perusahaan kurang memberikan respon. Umur berpengaruh terhadap CSRD, hasil ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility disclosure dipengaruhi oleh umur suatu perusahaan. Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia lebih lama memiliki pengalaman yang lebih baik dalam corporate social responsibility disclosure. Hal ini dikarenakan perusahaan telah melakukan perubahan-perubahan terkait corporate social responsibility disclosure sehingga dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.
 
Kata Kunci : kepemilikan institusional, umur perusahaan, ukuran perusahaan, corporate social responsibility disclosure.

Full Text:

PDF

References


Anda Lusia. 2009. Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) Oleh Perusahaan Penanaman Modal di Sumatera Barat. Tesis telah diterbitkan. Sumatera Barat. Universitas Sumatera Barat. Andreas dan Chrystina Lawer. 2008. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan TanggungJawab Sosial. Pekanbaru. Fakultas Ekonomi Universitas Riau. Anggara Fahrisqi. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia). Skripsi telah diterbitkan. Semarang. Universitas Diponegoro. Bambang Rudito dan Melia Farmiola. 2013. CSR: Corporate Social Responsibility. Bandung: Rekayasa Sains. Bambang Sudaryono. 2006. Kajian Atas Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Lingkungan (Environmental Disclosure) Perusahaan Publik Di BEJ Pada Tahun 004-2005. Jakarta. Universitas Trisakti. Busyra Azheri. 2012. Corporate Social Responsibility: Dari Voluntary menjadi Mandatory. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Damodar N Gujarati. 2010. Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat. Desie Rahkmawati dan Muchammad Syafruddin. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Perusahaan BUMN Dan Non BUMN Terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (CSR Disclosure) Pada Perusahaan Di BEI Tahun 2009. (online), http://eprints.undip.ac.id/29474/1/skripsi013. Desy Komalasari dan Yane Devi Anna. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2011). (online), www.academia.edu/4403256/jurnal.

Duwi Priyatno. 2009. SPSS Untuk Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate. Yogyakarta: Andi. Edi Suharto. 2010. CSR & Comdev. Investasi Kreatif Perusahaan Di Era Globalisasi. Bandung. Alfabeta. Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Lamria Silalahi, Nani N. Prasetya. Aprisya. 2011. Kepemilikan, (online), (http://lamriayoyoy.blogspot.com) Linda Santoso dan Erline Chandra. 2012. Pengaruh Profitbilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Umur Perusahaan, Dan Dewan Komisaris Independen Dalam Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Luciana Spica Almilia, Nurul Hasanah Uswati Dewi, dan Vidiana Hastutik Is Hartono. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dan Dampaknya Terhadap Kinerja Keuangan Dan Ukuran Perusahaan. (online), http://spicaamalia.files.wordpress.com//201110/artikel-luciana-vidina1. Monic Ariestyawati. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran dewan Komisaris dan Umur Perusahaan Terhadap Corporate Social responsibility Disclosure dalam Laporan Tahunan. Skripsi telah diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Mudrajat Kuncoro. 2004. Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Nadiah. 2010. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility) pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi telah diterbitkan. Malang. Universitas Brawijaya. Prasetyantoko. 2008. Good Corporate Governance. Jakarta: Gramedia. Rawi. 2008. Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Institusi dan Leverage Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing Di Bursa Efek Indonesia. Tesis telah diterbitkan. Semarang. Universitas Diponegoro. Ricky Ivan Anggono dan Jesica Handoko. 2009. Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Asing Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Kontemporer, Vol 1. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Sofia Prima Dewi dan Koni. 2013. Pengaruh Umur Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung. Alfabeta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, 2007 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 pasal 66 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter