PENGARUH PER (PRICE EARNING RATIO), DER (DEBT TO EQUITY RATIO), DAN DPR (DIVIDEND PAYOUT RATIO) TERHADAP PBV (PRICE BOOK VALUE) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2013

Anindya Desinta Permatasari

Abstract


ABSTRAK

Persaingan yang semakin ketat di dunia usaha memerlukan peran manajemen keuangan untuk mengatur kelangsungan hidup suatu perusahaan, karena manajemen keuangan mempunyai peran yang besar untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan kebijakan deviden secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Obyek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 136 perusahaan manufaktur, dengan menggunakan teknik purpose sampling sehingga jumlah sampel yang diperoleh 35 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan investasi yang diproksikan menggunakan Price Earning Ratio (PER)secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan yang diproksikan menggunakan Price Book Ratio (PBV).Perusahaan yang memperoleh laba optimal dari kegiatan investasi yang berupa pengenalan produk baru atau perluasan produk lama, gedung, penelitian dan pengembangan, serta eksplorasi dapat meningkatkan nilai perusahaan sehingga investor tertarik untuk menginvestasikan dananya. Keputusan pendanaan yang diproksikan menggunakan Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan perusahaan yang melakukan pendanaan dengan menggunakan proporsi ekuitas lebih besar daripada hutangnya dapat meningkatkan nilai perusahaan, sebab dengan proporsi hutang yang kecil investor akan tertarik untuk menginvestasikan dananya. Kebijakan deviden yang diproksikan menggunakan Dividend Payout Ratio (DPR) secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. hal ini dikarenakan pembagian laba dalam bentuk deviden tidak relevan dengan peningkatan kemakmuran atau kekayaan pemegang saham.
 
Kata Kunci : PER (Price Earning Ratio), DER (Debt to Equity Ratio), DPR (Dividend Payout Ratio)


References


DAFTAR PUSTAKA

Arie Afzal dan Abdul Rohman. 2012. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, Vol. 1, No. 2, (http://eprints.undip.ac.id/37011/1/AFZAL.pdf, diunduh 16 Mei 2014). Arthur J Keown, John Martin, J. William, dan David F. Scottler. 2010. Manajemen Keuangan Prinsip dan Penerapan. Edisi Sepuluh. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks. Eugene F. Brigham dan Joel F. Houston. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat. Hery. 2013. Rahasia Pembagian Deviden & Tata Kelola Perusahaan. Yogyakarta: Gava Media. Imam Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro. Irham Fahmi. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta. Lihan Rini Puspo Wijaya dan Bandi Anas Wibawa. 2010. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XIII Purwokerto, (http://asp.trunojoyo.ac.id/wp-content/uploads/2014/03/AKPM_26.pdf, diunduh 16 Mei 2014). Mohamad Samsul. 2006. Pasar Modal & Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga. Mokhamat Ansori dan Denica H.N. 2010. Pengaruh Keputusan Investasi Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index Studi pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Analisis Manajemen, Vol. 4, No. 2 Juli 2010,(http://eprints.umk.ac.id/257/1/4__Mokhamat_Ansori__Denica_H.N.pdf, diunduh 16 Mei 2014). Oktavina Tiara Sari. 2013. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Management Analysis Journal, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj.issue/ view/ 252, diunduh 16 Mei 2014). Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta. _______ . 2013. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Sri Sofyaningsih dan Pancawati Hardiningsih. 2011. Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang, dan Nilai Perusahaan. Dinamika Keuangan dan Perbankan Volume 3 No. 1. Syofian Siregar. 2013. StatistikParametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara. Yulia Efni dan Djumilah Hadiwidjojo. 2011. Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden: Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Manajemen Volume 10 Nomor 1 Maret 2012. (http: jurnaljam.ub.ac.id/ index.php/jam/article view/406/443, diunduh 30 Desember 2014).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter