ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SURAT KABAR HARIAN JAWA POS (Studi Pada Pembeli Surat Kabar Harian Jawa Pos Di Kota Madiun)

Nova Ayu Riana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian surat kabar harian Jawa Pos di Kota Madiun. Perusahaan mulai menerapkan strategi baru untuk meraih pangsa pasar surat kabar harian Jawa Pos sebagai market leader di Kota Madiun. Untuk mengatasi masalah persaingan surat kabar, maka dilakukan upaya pengembangan strategi perusahaan dengan peningkatan elemen-elemen ekuitas merek. Sebagai sikap untuk mempengaruhi konsumen dalam menentukan keputusan pembeliannya terhadap suatu merek.  Populasi penelitian adalah masyarakat di Kota Madiun yang meliputi 3 kecamatan; Kec.Taman, Kec.Mangunharjo, dan Kec.Kartoharjo sedangkan sampel dalam penelitian ini sebesar 300 responden masyarakat di Kota Madiun yang membeli surat kabar harian Jawa Pos. Teknik  pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampel. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket. Teknik uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan dalam menganalisis data menggunakan uji analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kesadaran merek berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembelian surat kabar harian Jawa Pos (2) asosiasi merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian surat kabar harian Jawa Pos (3) persepsi kualitas berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian surat kabar harian Jawa Pos (4) loyalitas merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian surat kabar harian Jawa Pos (5) brand trial  berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian surat kabar harian Jawa Pos (6) ekuitas merek yang terdiri dari (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, dan brand trial) bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian surat kabar harian Jawa Pos. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran ekuitas merek sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian surat kabar harian Jawa Pos.

Full Text:

PDF

References


Ali Hasan. 2013. Marketing dan Kasus – Kasus Pilihan.Yogyakarta: Caps Publishing. Anwar Sanusi. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. Darmadi Durianto, Sugiarto, dan Tony Sitinjak. 2004. Strategi Melanaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Duwi Priyatno. 2010. Teknik Mudah Dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan Spss Dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media. Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset. Fandy Tjiptono. 2005. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi Yogyakarta. Freddy Rangkuti. 2002. The Power of Brands, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Gendro Salim, 2013. Marketing itu Mudah. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi Kelima. Cetakan Kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Imroatul Khasanah. 2013 . Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Sedaap di Semarang. Jurnal Dinamika Manajemen (Online). Vol. 4 , No. 1, (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm, Diunduh 27 Maret 2014).Kapulski, Natasha, Bogomolova, Svetlana dan Lockshin, Larry. 2010. Incidence and factors influenching brand trial in the whisky market. Proceedings of ANZMACChristchurch. (http://marketingscience.info/svetlanas publications, Diunduh 6 Juli 2014). Keller, LK. 2001. Building Customer-Based Brand Equity : A Blueprint for Creating Strong Brands. Working Paper (Online). No. 01 – 107. Diunduh 28 Februari 2014. Kotler, Philip dan Keller, LK. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, edisi 13, Terjemahan oleh Bob Sabran, MM. 2008. Jakarta: Erlangga. Nabila Winatapradja. 2013. Ekuitas Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Donat J.CO DONUTS & COFFE di MANADO Town Square. Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 3. (ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/, Diunduh 24 Februari 2014). Oon Boy dan Endang Sulistya. 2011. Pengaruh Brand Equity Flash Disk Merek Kingston Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa AMIK MBP Medan. Jurnal Ekonomi (Online). Vol. 14, No. 3, (http://repository.usu.ac.id. Diunduh 15 Maret 2014). Philander Varian M. 2013. Ekuitas Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian XL Mobile Data Service Di Kota Manado. Jurnal EMBA (Online), Vol. 1, No. 4, (http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/, Diunduh 24 Februari 2014). Singgih Santoso. 2014. Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. St Sudomo. 2013. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Pepsodent Di Kabupaten Bantul). JBMA (Online), Vol. I, No. 2, (Http:// google.com, Diunduh 12 Juli 2014). Sugiyono. 2010. Metode Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. . 2013. Cara Mudah Menyusun STD. Bandung: CV Alfabeta Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia. V. Wiratna Sujarweni. 2014. Spss Untuk Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press. (www.bps.go.id ).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter