PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN DIMENSI KUALITAS PRODUK TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN JARINGAN SPEEDY PADA TELKOM SPEEDY DI MADIUN

Prawisto Utomo

Abstract


Speedy adalah produk yang dikeluarkan oleh PT Telkom. Speedy merupakan layanan internet berkecepatan tinggi berbasis teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) yang memungkinkan terjadinya komunikasi voice data, dan video secara bersamaan pada media jaringan akses kabel tembaga. Secara umum, konfigurasi Speedy sama dengan konfigurasi teknologi ADSL karena Speedy merupakan implementasi dari teknologi ADSL. Speedy menjadi pilihan terbaik bagi konsumen. Kemudahan jaringan ini bisa ditunjukkan pada konsumen yang hanya perlu menyediakan modem dan tentu saja komputer untuk bisa mengakses internet. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan ada pengaruh Penggunaan Layanan Jaringan Speedy Pada Telkom Speedy di Madiun. Memberikan saran kepada konssumen mengenai varian dari produk yang ditawarkan pada speedy. Dari tujuan tersebut dalam penelitian ini memperoleh hasil bahwa hasil analisa didapat ada pengaruh signifikan antara perilaku konsumen terhadap layanan jaringan speedy pada Divisi Telkom Speedy Madiun. Hal ini menunjukan konsumen puas dengan layanan yang diberikan Telkom speedy. Tidak ada pengaruh signifikan antara dimensi kualitas produk terhadap layanan jaringan speedy pada Divisi Telkom Speedy Madiun. Hal ini disebabkan karena dimensi kualitas produk dari spedy masih belum banyak dikenal oleh konsumen reguler sehingga dibutuhkan pemberian wawasan baru baik menggunakan iklan maupun media pemasaran lain agar konsumen lebih tertarik menggunakan layanan speedy. Ada pengaruh signifikan antara perilaku konsumen dan dimensi kualitas produk terhadap layanan jaringan speedy Pada Divisi Telkom Speedy Madiun. Karena dengan adanya dimensi kualitas produk yang llebihh dibanding kompetitor maka konsumen cenderung akan memakai layanan speedy, dimana speedy memiliki jangkauan layanan yang luas di area eks Madiun.  Berdasarkan uji t dengan perhitugan SPSS for windows versi 17.0 dapat disimpulkan bahwa antara variabel perilaku konsumen dan dimensi kualitas produk yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap layanan jaringan speedy adalah perilaku konsumen. Karena, nilai t hitung perilaku konsumen lebih besar dari nilai t hitung dimensi kualitas produk yaitu 2,451 > 1,231 maka dapat dikatakan bahwa perilaku konsumen mempunyai pengaruh paling dominan terhadap layanan jaringan speedy di Kota Madiun.

Full Text:

PDF

References


A.B. Susanto dan Himawan Wijanarko, 2004, Power Branding, Jakarta : Quantum Bisnis dan Manajemen Adisaputro, Gunawan. 2010. Manajemen pemasaran: Analisis untuk perancangan strategi pemasaran. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Bambang Widajanto dan Aristanti Vidiyaningsih. 2001. Mengasah Kemampuan Ekonomi. Citra Praya. Bandung Basu, Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta Dharmmesta, Basu Swastha., Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta. Fandy Tjiptono, 2004. Manajemen Jasa, Andi. Yogyakarta Fandy Tjiptono, 2008. Strategi Pemasaran . Andi.Yogyakarta Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media Hendri Ma'ruf, 2005. Pemasaran ritel, PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta Hessel Nogi S. Tangkilisan. 2007. Manajemen Publik. Jakarta:Grasindo http://www.statistikian.com / 2012 / 08 / menghitung - besar - sampel –penelitian .html Imam Ghozali, 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang Imamul Arifin dan Giana Hadi Wagiana. 2007. Membuka Cakrawal Ekonomi. PT Setia Purna Inves Irawan, Handi. 2007. 10 Prinsip Kepusan Pelanggan. Cetakan kesembilan. PT Elex Media Komputindo. Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, edisi Kedua Belas, Terjemahan Benyamin Molan, Macanan Jaya Cemerlang: Jakarta. Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1,Erlangga, Jakarta. Petra Widmer dan Heinz Frick. 2007. Hak Konsumen dan Ekolabel. Yogyakarta: Kanisius, Rangkuti, Freddy. ((2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Rangkuti, Freddy. (2006). Measuring Customer satisfaction. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta. Simamora, Bilson, 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta Sugiarto, Said Kelana, Tedy Herlambang, Rachmat Sudjana. Bastoro. 2000. Ekonomi Mikro, Suatu Pendekatan Praktis. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Alfabeta. Bandung Suharsimi Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Penerbit Rineka Cipta. Jakarta UUD No.8 Tahun 1999; L. N. Tahun 1999 No. 42 menjelaskan tentang perlindungan konsumen menyebutkan bahwa pengertian konsumen ( Pasal 1 angka 2 ) Vitalis DS. 2012. Statistik Inperensial (Statistik II). Prodi Bimbingan dan Konseling. IKIP PGRI MADIUN. Madiun


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter