ANALISIS PEMBAGIAN KERJA DAN WEWENANG KARYAWAN TERHADAP PRESTASI KERJA PADA DEALER CEMARA AGUNG MOTOR MAGETAN

Nurul Mutmainah

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data langsung dari Dealer Cemara Agung Motor yaitu deskripsi pembagian tugas atau wewenang karyawan.
Berdasarkan hasil analisis Dealer Cemara Agung Motor Magetan sebelum melakukan pembagian kerja yang pertama dilakukan adalah perekrutan calon tenaga kerja yang harus sesuai dengan syarat yang diberikan oleh pimpinan. Hal ini dimaksudkan agar Dealer cemara Agung Motor magetan memiliki tenaga-tenaga yang ahli sesuai dengan bidang pekerjaan yang nantinya diberikan. Setelah diadakan pembagian kerja selanjutnya dilakukan pembagian wewenang kerja. Pemilik delaer menentukan beberapa karyawan yang diberikan wewenang sebagai manager untuk mengawasi dan mengontrol divisi-divisi yang ada pada Dealer cemara Agung Motor. Tujuan dilakukan wewenang ini agar pemilik tidak kesulitan dalam melakukan pengawasan karena pemilik hanya melakukan pengawasan terhadap manager dan penilaian kinerja terhadap bawahan atau divisi berdasarkan hasil laporan dari manager. Penilaian prestasi kerja dilakukan tidak begitu sulit karena pada posisi yang diberikan oleh pemilik, pemilik mempercayakan kepada karyawan yang sudah kompeten di bidangnya, memiliki loyalitas tinggi terhadap Dealer Cemara Agung Motor,  ulet, dan bertanggung jawab.

Full Text:

PDF

References


A.A Anwar Prabu Mangkunegara. 2002. Maagement Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Posdakarya. Achmad S Ruky. 2001. Sistem Management Kinerja. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. George R Terry. 2000. Prinsip-prinsip Management. Jakarta: Bumi Aksara. Gouzali Saydam. 2005. Management SDM. Jakarta: IKAPI. Juliansyah Noor. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Malayu, S.P.Hasibuan. 2001. Manajemen Dasar, Pengartian, dan Makalah. Jakarta: Bumi Aksara. Malayu, S.P.Hasibuan. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Misbahuddin Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara. M.Manullang. 1987. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset. M.Manullang Marihot Amh Manullang. 2006. Manajemen Personalia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Oemar Hamalik. 2000. Management Pelatih Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Erlangga. Siswanto Sastrohadiwiryo. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Sondang P.Siagian. 2003. Manajemen Internasional. Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Syofan Siregar. 2011. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers. W. Gulo. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo. Wilson Bangun. 2012. Menagement Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.