PENGARUH PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI DAN XII IPS 1 MAN 1 MADIUN TAHUN AJARAN 2014/2015

Angga Dwi Nugroho

Abstract


Setiap peserta didik tidak memperoleh hasil belajar yang baik semua, ada siswa yang memperoleh nilai sedang, dan ada yang memperoleh nilai buruk. Banyak faktor yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan hasil belajar yang di inginkan, baik yang bersumber dari dalam dirinya (faktor internal) ataupun yang berasal dari luar dirinya (faktor eksternal). Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam individu siswa. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar siswa yaitu lingkungan sosial siswa di sekolah. Selain lingkungan, faktor eksternal yang juga mempengaruhi hasil belajar yaitu fasilitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lingkungan sosial dan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII IPS MAN Negeri 1 Madiun tahun pelajaran 2014/2015 sejumlah 60, dengan sampel sebesar 60 responden. Teknik pengambilan sampel adalah Non Probability Sampling dengan cara Sampling Jenuh. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan sosial secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa. Fasilitas sekolah secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa. Lingkungan sosial dan fasilitas sekolah secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar
 
Kata kunci : Lingkungan Sosial, Fasilitas Sekolah, Hasil Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Abin Syamsuddi Makmun. 2007. Psikologi Kependidikan. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya. Abraham Nurcahyo. 2008. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Magetan : L-E Swastika Press. Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung :Alfabeta Agus Suprijono. 2011. Cooperative learning. Yogyakarta: PustakaPelajar Bimo Walgito. 2003. Psikologi Sosial ( Suatu Pengantar ). Yogyakarta : Andi Dewi Wulansari. 2009. Sosiologi Konsep dan Teori. Bandung : Refika Aditama. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Duwi Priyatno. 2009. Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS.Yogyakarta : Gava Media. Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang : UNDIP. I Putu Raditiya Eka Pratama. 2014. Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPS SMA N. 2 Palu. (httpwww.google.comurlsa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&cad=rja&uact=8&ved=0CEsQFjAE&url=http%3A%2F%2Fjurnal.untad.ac.id%2Fjurnal%2Findex.php%2FGeoT adulako%2Farticle%2Fview%2F2615%2F1748&ei=l099U9GMLY2E8gWwyYG4AQ&us, diunduh 9 Maret 2015). Lina Rifda Naufalin. 2009. Pengaruh Pemberian Kekuatan Dan Fasilitas Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Membuat Dokumen Siswa Kelas XI SMK N. 1 Surakarta. (www.google.com/m?q=jurnal+lina+rifda+naufalin+pemberian+penguatan+fasilitas+sekola h, di unduh pada 15 Maret 2015. Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Muhibbin Syah. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis sekolah, Bandung : PT. Remaja Prosda Karya. Nana Sudjana. 2013. Dasar - Dasar Proses BelajarMengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Nurul Fadhilah. 2008. Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N. Se-Kota Pamekasan. (www.google.com/m?q=jurnal+nurul+fadhilah+lingkungan+sosial, di unduh pada 10 Maret 2015) Popi Sopiatin. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor :Ghalia Indonesia. Rahmat Hidayat. 2013. Pengaruh Disiplin Dan Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPS SMA N. 10 Sijunjung. (www.lontar.net/red/531f067eof236a525sc33c49, diunduh pada 10 Maret 2015) Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Jakarta: Rajawali Pers. Slameto. 2010. Belajar & Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Sofyan Yamin. 2009. Teknik Analisis Statistik SPSS. Jakarta : Salemba Infotek. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan disertasi. Bandung: Alfabeta. SuharsimiArikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. Syofian Siregar. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT Bumi Aksara. Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin Pada Prilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Wina Sanjaya. 2013. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter