PENGARUH PROGRAM FULL DAY SCHOOL DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMKN 2 JIWAN KABUPATEN MADIUN
Dimas Indra Permana, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program full day school dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa di smkn 2 jiwan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berupa pendidikan dengan jumlah sampel sebanyak 165 peserta didik menggunakan jenis data primer. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insendental. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi linier berganda menggunakan SPSS 16.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa 1) secara parsial dan simultan, full day school dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, 2) perubahan prestasi belajar siswa mampu dipengaruhi oleh variabel Full Day School dan Fasilitas Belajar secara bersama-sama sebesar 79,2%, 3) sementara sisanya yaitu sebesar 21,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian yang dilakukan. Penelitian ini membuktikan bahwa full day school dan fasilitas belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa siswa SMKN 2 Jiwan Kabupaten Madiun.
David dkk (2016). “Peran full day school terhadap penanaman karakter pada peserta didik sekolah dasar di Kota Makassar”. Jurnal Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Ghofur, Abdul. (2009). Pendidikan anak pengungsi (Model Pengembangan Pendidikan di Pesantren Bagi Anak-Anak Pengungsi), Malang: UIN Press
Race, Akmad Setiawan. (2017). Pelaksanaan Full Day School Guna Pembentukan Karakter Dan Pengembangan Sikap Spiritual Siswa-Siswi. Jurnal Vol. 21 No. 1, 20.
Saleh, Yudhistira Amran. (2016). “Mendikbud Paparkan Alasan Perlunya Model Pendidikan Full Day School” Detik.Com 09/08/2016: http://www.detik.com.(diakses pada 20/08/2016)
Suyyinah. (2015). Full Day Education; Konsep dan Implementasi. Malang: Literasi Nusantara.