ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS UNTUK PENINGKATAN PENGENDALIAN INTERN

Gresiliana Gresiliana, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani

Abstract


PT. SLI 88 Madiun adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang spesialis penyedia jasa. Sistem pengendalian intern dalam perusahaan ini sebenarnya sudah baik namun masih ada beberapa kelemahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas dalam upayanya untuk pengendalian intern pada PT. SLI 88 Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini yaitu wawancara, observasi,dan dokumentasi. Tekhnik keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas, uji dependability dan uji konfirmability.Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Sistem Akuntansi Penerimaan dan pengeluaran Kas yang diterapkan PT. SLI 88 Madiun sudah berjalan cukup baik namun  masih terjadi beberapa kekurangan. Struktur organisasi pada PT. SLI 88 Madiun masih terdapat perangkapan tugas, pemisahan fungsional ini belum dibuat secara tertulis, transaksi keuangan masih dilakukan oleh satu pihak yaitu bagian administrasi keuangan dari awal sampai akhir sebelum diotorisasi oleh kepala cabang serta belum adanya perputaran jabatan.

Full Text:

PDF

References


Fahmi, Muhammad Ivan dkk. 2015. Analisa Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Guna Mendukung Pengendalian Intern Perusahaan (Studi Pada Pt. Tambora Mulyorejo Malang Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 26 No. 2 September 2015. Malang: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Manoppo, Rannita Margaretha. 2013. Analisis Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Dan Pengeluaran Kaspada Pt. Sinar Galesong Prima Cabang Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 1007-1015. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi. Universitas Sam Ratulangi.

Mardi. 2011. Sistem Akuntansi Informasi Akuntansi. Malang: Ghalia Indonesia Anggota IKAPI.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Pattisahusiwa, Salmah. 2013. Pengaruh Job Description Dan Job Specification Terhadap Kinerja Proses. Jurnal Akuntabel ; Volume 10 No. 1 Maret 2013. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Prasista, Bucek Asa dkk. 2017. Analisis Efektivitas Dan Dampak Rangkap Jabatan Dalam Peningkatan Kinerja Organisasi Pada Pt. Harta Ajeg Lestari, Di Kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng. E-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1 (Vol : 8 No : 2 Tahun 2017). Singaraja: Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter