IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS XII SMA PGRI 1 MAOSPATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Dewi Ayu Permatasari, Satrijo Budi Wibowo

Abstract


Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI), interaksi sosial menjadi salah satu faktor penting karena dalam pembelajaran ini memberi kebebasan kepada siswa untuk berfikir secara analitis, kritis, kreatif, reflektif dan produktif. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan mengambil tema yang berkaitan dengan metode pembelajaran dengan maksud untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi, dimana mata pelajaran akuntansi ini membutuhkan keterampilan yang saling berkaitan dengan keterampilan yang lain serta harus didukung dengan keterampilan tertentu contohnya menghitung.

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group Asep Jihad & Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo Isjoni. 2011. Cooperative Learning. Bandung: ALFABETA Lexy J. Moleong. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Miftahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: ALFABETA Sugiyono. 2014. Memahami Penenlitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA Tim Penyusun Pedoman Penulisan Skripsi IKIP PGRI MADIUN. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Madiun: IKIP PGRI MADIUN Wina Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Yatim Riyanto. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Zainal Aqib. 2014. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: CV. Yrama Widya Zainal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter