DAMPAK PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KINERJA MAHASISWA CALON GURU (Studi Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI Madiun)

Pungky Hapsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kompetensi yang harus dikuasai dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian terhadap peningkatan kinerja  mahasiswa calon guru.   Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI Madiun angkatan 2008 dan 2009 yang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di kota dan kabupaten Madiun dengan jumlah 204 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 150 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja mahasiswa calon guru Program Studi Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI Madiun dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan. Sedangkan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja mahasiswa calon guru.

Full Text:

PDF

References


Bahri, Syamsul. 2011. Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sd di Dataran Tinggimoncong Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal MEDTEK, Volume 3, Nomor 2.

Barizi, Ahmad dan Muhammad Idris. 2010. Menjadi Guru Unggul. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Dewanti, Sintha Sih. 2012. Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Sebagai Calon Pendidik Profesional. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Surakarta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan IV. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Hamalik, Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamsidjo, B.U. 2009. Perbedaan Latar Belakang Keluarga Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa UNNES dan Hubungannya dengan Minat PPL. Lembaran Ilmu Kependidikan. Jilid 39, No. 2 Desember.

Mardiyono, Sugeng. 2006. Praktik Pengalaman Lapangan Terpadu Dalam Peningkatan Kualitas Calon Guru. Cakrawala Pendidikan. Februari.

Mulyasa, E. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Susiani, Tri Saptuti. 2007. Kinerja Calon Guru Sekolah Dasar. Inovasi Pendidikan, Jilid 8, No. 2. Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Wardoyo, Cipto. 2012. Penggunaan Embedded Correlational Mixed Methods Approach Model untuk Pengukuran kompetensi kepribadian dan Kinerja. Jurnal Aplikasi Manajemen, Volume 10, Nomor 2.

Wibowo, Bambang Kristianto. 2013. Pengaruh Komunikasi Internal, Motivasi Kerja, Dan Loyalitas Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rumpun Bisnis Sekota Semarang. Jurnal Stie Semarang, Vol 5, No 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter