PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN INTENSITAS BIMBINGAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PADA SMK PGRI WONOASRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kedisiplinan siswa dan intensitas bimbingan guru, baik secara bersama-sama ataupun secara mandiri terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X pada SMK PGRI Wonoasri. Pengumpulan data menggunakan metode kuesiones/angket dan dokumentasi. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji koefisien regresi (R2), uji F, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kedisiplinan siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung 2.465 > ttabel 1, 990 dan nilai signifikansi 0,01 < 0,05 maka dapat disimpulkan Ha diterima; (2) intensitas bimbingan guru tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung 0, 497 < ttabel 1, 990 dan nilai signifikansi 0, 620 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak; (3) kedisiplinan siswa dan intensitas bimbingan guru bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai Fhitung 4.147 > Ftabel 3, 11 dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05 maka dapat disimpulkan Ha diterima. Kesimpulan yang didapat bahwa kedisiplinan siswa dan intensitas bimbingan guru dapat mempengaruhi prestasi belajar akuntansi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.