PENGARUH MOTIVASI PERSEPSI DAN LAMA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI MENGIKUTI PROGRAM PPG XXX

djivani oktifa, Elva Nuraina, Juli Murwani

Abstract


Tujuan utama penelitian ialah mengetahui minat mahasiswa Pendidikan Akuntansi mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di XXX. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi mahasiswa Pendidikan Akuntansi sejumlah 109 mahasiswa. Menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan outer dan inner model dengan software SmartPLS. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari motivasi sosial, motivasi karir, motivasi ekonomi, persepsi, dan lama pendidikan terhadap minat mahasiswa Pendidikan Akuntansi untuk  mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di XXX. Dengan penelitian ini terbukti bahwa antusias mahasiswa mengikuti PPG sangat tinggi.  

Kata Kunci : Motivasi; Persepsi; Lama Pendidikan; Minat.


Full Text:

PDF

References


Amir, M. (2008). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 21–44.

Ardyani, A., & Latifah, L. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232–240.

Dyastari, N. P. S., & Yadnyana, I. K. (2016). Pengaruh Motivasi Pada Minat Mahasiswa Non Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(1), 333–361.

Fajar, A., & Sukanti. (2014). Pengaruh Motivasi Diri dan Persepsi Mengenai Profesi Akuntan Publik Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Nominal, 3(2), 150–161.

Ghozali, I., & Latan, H. (2014). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (2nd ed.). Semarang.

Larasati, S. N., & Suyato. (2016). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Profesionalitas Guru Dan Motivasi Menjadi Guru Yang Profesional Terhadap Minat Menempuh PPG Di Universitas Negeri Yogyakarta. 53–62.

Lestari, I. G. A. K., & Yadnyana, I. K. (2013). Persepsi Dan Minat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Terhadap Profesi Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 3(1), 195–211.

Nurhayani, U. (2012). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta Medan). Jurnal Mediasi, 4(1), 59–67.

Puspitarini, D., & Kusumawati, F. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal Investasi, 7(1), 46–63.

Santoso, C. B. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi dan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Akuntan Publik Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Riau Kepulauan Batam. Jurnal Measurement, 8(1), 1–11.

Surifah, Mustiati, E., Syaifullah, M. Z., & Bowo, A. N. A. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Jurnal Kependidikan, 46(2), 246–258.

Yuneriya, N. E., Sarwono, A. E., & Kristianto, D. (2013). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(1), 69–77.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter