HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BANK MADIUN

Riska Ammelia Sari, Satrijo Budi Wibowo, Farida Styaningrum

Abstract


Maksud dari riset  ini ialah mencari tahu hubungan antara kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Bank Madiun. Metode riset ini berpacu di metode kuantitatif dengan jenis data primer. Jumlah sampel sebanyak 131 nasabah yang sudah dihitung dengan menggunakan teknik non probability sampling jenis sampling insidental. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Tekhnik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan harus ditunjang dengan kualitas produk sebagai upaya pemaksimalan kepuasan pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D. P., Kumadji, S., & Sunarti. (2016). Pelanggan kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 37(1), 171–177. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/viewFile/1445/1824

Fandy, T. (2014). Pemasaran jasa- prinsip, penerapan dan penelitian. Yogyakarta.

Gantini, K. D., & Setiyorini, H. D. (2012a). Pengaruh revitalisasi produk wisata terhadap preferensi mengunjungi lembah bougenvile resort. Tourism and Hospitality Essentials (The), II(2), 387–406.

Mutholib. (2016). Pengaruh marketing relationship terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah pada ajb bumiputera 1912 kantor wilayah medan cabang medan baru. Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(01), 52–65.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada jne cabang bandung [the influence of service quality on customer satisfaction at jne branch in bandung]. Jurnal Manajemen, 11(2), 265. https://doi.org/10.19166/derema.v11i2.197

Sembiring, I. J., Suharyono, & Kusuma, A. (2014). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan mcdonaldâs mt.haryono malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1), 1–10.

Setyowati, E., & Wiyadi. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel pemediasi. Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 18(2), 102–112.

Sulistyaningrum, D. (2012). Journal of Social and Industrial Psychology. Journal of Social and Industrial Psychology, 1(2), 41–46.

Suwardi. (2011). Menuju kepuasan pelanggan melalui penciptaan kualitas pelayanan. Jurnal Pengembangan Humaniora, 11(1), 51–58.

Utami, S. A., Grasiaswaty, N., & Akmal, S. Z. (2018). Hubungan tipe kepribadian berdasarkan big five theory personality dengan kebimbangan karier pada siswa sma. Jurnal Psikogenesis, 8(1), 10–18.

Wijayanto, K. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah bank. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 17(1), 38–45.

Zakaria, A., & Firdaus, M. R. (2017). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pt. pelabuhan indonesia iii (persero) cabang banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 5(2), 145–156. Retrieved from http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter