HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BANK MADIUN
Abstract
Maksud dari riset ini ialah mencari tahu hubungan antara kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Bank Madiun. Metode riset ini berpacu di metode kuantitatif dengan jenis data primer. Jumlah sampel sebanyak 131 nasabah yang sudah dihitung dengan menggunakan teknik non probability sampling jenis sampling insidental. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Tekhnik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan harus ditunjang dengan kualitas produk sebagai upaya pemaksimalan kepuasan pelanggan.
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, D. P., Kumadji, S., & Sunarti. (2016). Pelanggan kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 37(1), 171–177. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/viewFile/1445/1824
Fandy, T. (2014). Pemasaran jasa- prinsip, penerapan dan penelitian. Yogyakarta.
Gantini, K. D., & Setiyorini, H. D. (2012a). Pengaruh revitalisasi produk wisata terhadap preferensi mengunjungi lembah bougenvile resort. Tourism and Hospitality Essentials (The), II(2), 387–406.
Mutholib. (2016). Pengaruh marketing relationship terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah pada ajb bumiputera 1912 kantor wilayah medan cabang medan baru. Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(01), 52–65.
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada jne cabang bandung [the influence of service quality on customer satisfaction at jne branch in bandung]. Jurnal Manajemen, 11(2), 265. https://doi.org/10.19166/derema.v11i2.197
Sembiring, I. J., Suharyono, & Kusuma, A. (2014). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan mcdonaldâs mt.haryono malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1), 1–10.
Setyowati, E., & Wiyadi. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel pemediasi. Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 18(2), 102–112.
Sulistyaningrum, D. (2012). Journal of Social and Industrial Psychology. Journal of Social and Industrial Psychology, 1(2), 41–46.
Suwardi. (2011). Menuju kepuasan pelanggan melalui penciptaan kualitas pelayanan. Jurnal Pengembangan Humaniora, 11(1), 51–58.
Utami, S. A., Grasiaswaty, N., & Akmal, S. Z. (2018). Hubungan tipe kepribadian berdasarkan big five theory personality dengan kebimbangan karier pada siswa sma. Jurnal Psikogenesis, 8(1), 10–18.
Wijayanto, K. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah bank. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 17(1), 38–45.
Zakaria, A., & Firdaus, M. R. (2017). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pt. pelabuhan indonesia iii (persero) cabang banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 5(2), 145–156. Retrieved from http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.