ANALISIS FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA IPS DI SMA X

Rega Sulthon Afandi, Satrijo Budiwibowo, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Riset ini ditujukan demi melihat Implementasi Full Day School dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Data yang diperoleh menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada guru dan siswa dengan obsevasi sapras, SDM, kurikulum, serta dokumentasi yaitu nilai rapor. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, data, dan teknik. Hasil penelitian bahwasanya full day school dapat meningkatkan prestasi belajar siswa IPS SMA X melalui mata pelajaran khusus jurusan yang dilakukan setelah istirahat ke dua dengan pngajar sesuai dengan bidangnya, dengan hal ini siswa mendapatkan pengetahuan dan karakter pendidikan yang baik.

 


Full Text:

PDF

References


Alanshori, M. Z. (2016). Efektivitas pembelajaran full day school terhadap prestasi belajar siswa. Akademika, 10(20), 136–150.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif, 5(1), 68–75.

Baharun, A. (2018). Pendidikan full day school dalam perspektif epistologi muhammad abid al jabiri. Potensia, 4(1), 1–22.

Herawati, R. F., Mulyani, S., & Redjeki, T. (2013). Pembelajaran kimia berbasis multiple representasi ditinjau dari kemampuan awal terhadap prestasi belajar laju reaksi siswa sma negeri 1 karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 38–43.

Hunowu, M. A. (2016). Konsep full day school dalam perspektif sosiologi pendidikan. Irfani, 12(1), 114–134.

Inayah, R., Marton, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas xi ips sma negeri 1 lasem jawa tengah. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1), 1–13.

Ningsih, S., & Sugiaryo. (2016). Hubungan pelaksanaan full day school dan boarding school dengan pembentukan karakter pada siswa kelas xi man 1 surakarta tahun 2016/2017. Jurnal Global Citizen, 2(2), 53–64.

Perdana, N. S., & Cahyono, A. B. (2018). Implementasi peranan ekosistem pendidikan alam penguatan pendidikan karakter peserta didik. Edukatika, 8(2), 184–191.

Siregar, L. ulianti syafrida. (2017). Full day school sebagai penguatan pendidikan karakter (perspektif psikologi pendidikan islam ). Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 5(2), 307–319.

Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Edukasi, 1(1), 20–28.

Yanur, S., & Husamah. (2011). Optimal penerapan pendidikan karakter di sekolah menengah berbasis ketrampilan proses sebuah perspektif gurun ipa biologiI. Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan, 1(1), 69–81.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter