PENGARUH MEDIA ANDROID DAN PAPER UNTUK EVALUASI PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

erinda kurniasari, satrijo budi wibowo, juli murwani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media berbasis android dan paper terhadap motivasi belajar siswa di sekolah X. Data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dengan jumlah responden 121 siswa yang dipilih dengan teknik insidental sampling. Teknik analisis data regrasi linear berganda. Hasil dari penelitian ini media berbasis android dan paper berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Akan tetapi hasil observasi menunjukkan hasil yang berlawanan, karena ada kecenderungan responden kurang terbuka dalam pengisian kuesioner. Hal ini mengakibatkan kuisioner yang disebarkan kurang maksimal. Temuan penelitian ini, media berbasis paper lebih unggul dibanding android karena jaringan yang kurang mendukung dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


adhi km, S., Akhlis, I., & Sumpono, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi gerak parabola untuk siswa sma. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 0–5.

Batubara, & Husein, H. (2017). pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa SD/MI. Madsrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–27.

endang m, I. (2014). Kemandirian belajar terhadap prestasi belajar the influence of social interaction of family relationship , achievement motivation , and independent learning. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ipa di smp negeri 25 batam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.

julia p, R. (2013). Pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran matematika pada materi peluang untuk siswa sma kelas X. Jurnal LEMMA, 1–11. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i1.2378

Lubis, S. (2016). Efektivitas penggunaan portofolio pada perkuliahan mikrobiologi terhadap kemandirian dan hasil belajar mahasiswa. 6(1), 213–220.

Mushon, ali. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII(2), 1–10.

muyaroah, siti. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi adobe flash cs 6 pada mata pelajaran biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 79–83. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336

Pitono, & Djoko. (2012). Pengaruh nilai portofolio dan motivasi belajar terhadap Hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 1(1).

Setyadi, D. (2017). Pegembangan mobile learning berbasis android sebagai sarana berlatih mengerjakan soal matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. bandung: alfabeta.

Warsita, B. (2013). Perkembangan definisi dan kawasan teknologi pembelajaran serta perannya dalam pemecahan masalah pembelajaran. Kwangsang, 1, 72–94.

Yaqin, A., & Rochmawati. (2016). Pengembangan buku saku digital berbasis android sebagai pendukung bahan ajar pada materi pph pasal 21. 1–5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter