Sistem Sewa Lapak UMKM Kelurahan Di Kota Madiun

Aulia Irfanni Salzabilla, Revita Yelly Aysha, Elok Fitriyana, Choirun Nissa Kusuma Ningtyas, Mina Marista, Siska Diana Sari

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Madiun, yang merupakan pusat ekonomi Jawa Timur, memainkan peran penting dalam perekonomian lokal. Namun, keberlanjutan usaha kecil dan menengah (UMKM) di Kota ini masih menjadi tantangan. Untuk mengatasi masalah ini, pengembangan sistem sewa lapak menjadi solusi yang perlu dieksplorasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemungkinan dan manfaat penerapan sistem sewa lapak untuk usaha kecil dan menengah (UMKM) di Kota Madiun. Fokus utamanya adalah meningkatkan akses pasar, memperbaiki kondisi usaha kecil dan menengah (UMKM), dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Fokus penelitian ini adalah bagaimana kondisi UMKM di Kota Madiun saat ini? Apa potensi yang dimiliki oleh sistem sewa lapak untuk meningkatkan akses pasar dan pertumbuhan UMKM? serta bagaimana sistem sewa lapak dapat diterapkan dengan efektif. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan fokus pada penelitian literatur dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem sewa lapak memiliki potensi besar untuk meningkatkan akses pasar bagi usaha kecil dan menengah (UMKM) di Kota Madiun. UMKM dapat memanfaatkan sistem ini untuk meningkatkan daya saing mereka dengan manajemen yang baik. Ini juga dapat membantu pertumbuhan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, pengembangan sistem sewa lapak ini di Kota Madiun membutuhkan dukungan dari pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya.


Keywords


usaha kecil dan menengah (UMKM); akses pasar; sistem sewa lapak; pertumbuhan ekonomi; Kota Madiun.

Full Text:

PDF

References


Wibowo, Daffa’ Pambudi. 2021. Pemberdayaan Pelaku UMKM Di Kelurahan Winongo Oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koperasi Dan Usaha Mikro Kota Madiun Provinsi Jawa Timur. Ringkasan Laporan Akhir.

Desi Dwi Prastiwi , Agus Wiyaka , Harianto. 2023. Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Program Lapak Kelurahan Kejuron. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial; ISSN: 2580-1198

Said, A. M. F. 1951. 2015). Strategi Pemberdayaan UMKM Pada Dinas Koperindag Kabupaten Maros. (Studi Kasus Pada Sektor Perdagangan). 1–79.

Nisfu Mahdayani, Haeruddin, Ummul Hairah. 2017. Sistem Informasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kota Bontang Berbasis Website. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Vol. 2, No. 2, September 2017.

Dimas Arys Prasetyo. 2022. Penguatan UMKM Melalui Inovasi Lapak UMKM Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 10 No. 2 Mei 2022.

Setyowati, Maharani Anggraini (2023). Pelaksanaan Program Pembangunan Lapak Untuk Menjamin Kesejahteraan UMKM Di Kota Madiun. Undergraduate (S1) Thesis, IAIN PONOROGO.

Siti Almira Erian. 2020. Analisis Sistem Penetapan Harga Sewa Kios Milik Pemerintah Di Pasar Lambaro Dalam Prespektif Akad Ijarah Bil Manfa’ah. Skripsi, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM-BANDA ACEH

Nur Jamal Shaid, Muhammad Idris. 2023. Pengertian UMKM, Kriteria, Ciri dan contohnya. https://money.kompas.com/read/2022/01/19/051518426/pengertian-umkm-kriteria-ciri-dan-contohnya?page=all.

Achmad Saichu. 2022. Sistem Sewa Ruko Milik Pemkot Madiun Diubah, Simak Ini Penjelasannya. https://www.koranmemo.com/daerah/pr-1924863465/sistem-sewa-ruko-milik-pemkot-madiun-diubah-simak-ini-penjelasannya.

Louis Rika Stevani. 2022. Sektor UMKM sumbang 14,3 persen PDRB Kota Madiun tahun 2021, https://jatim.antaranews.com/berita/634129/sektor-umkm-sumbang-143-persen-pdrb-kota-madiun-tahun-2021.

Rosyda. 2021. Pengertian UMKM: Kriteria, Aturan, Peran dan Contoh. https://www.gramedia.com/literasi/umkm/.

Dhevit. 2022. Beri Pelatihan Wirausaha Bagi Para Pedagang Lapak UMKM, Wali Kota: Jangan Mudah Putus Asa. https://dishub.madiunkota.go.id/beri-pelatihan-wirausaha-bagi-para-pedagang-lapak-umkm-wali-kota-jangan-mudah-putus-asa/#.

Abdul Jalil. 2022. Waduh, Ruko Milik Pemkot Madiun Banyak Disewakan Secara Ilegal oleh Makelar. https://jatim.solopos.com/waduh-ruko-milik-pemkot-madiun-banyak-disewakan-secara-ilegal-oleh-makelar-1429382.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Fakultas Hukum
Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118 Lt. 2
email : gulawentah@unipma.ac.id